Rumah Warga Menjadi Gerai Pamer Produk Unggulan Kampung Tembi

Rumah Warga Menjadi Gerai Pamer Produk Unggulan Kampung Tembi, Timbulharjo, Sewon, Bantul

Produk desa mampu tembus pasar internasional. Berkat kreativitas dan kualitas yang bagus, aneka produk warga Kampung Tembi, Timbulharjo, Sewon, Bantul, menyasar pasar luar negeri 90 prosen, sisanya 10 prosen Jakarta.

Sebagian besar produk Kampung Tembi dibikin oleh tenaga terampil lokal desa. Mereka membuka workshop dan gerai pamer di rumahnya mereka masing-masing. Untuk penuhi kebutuhan sehari-hari, warga tak perlu pergi ke kota, mereka mengembangkan usahanya di kampungnya sendiri.

Warga Kampung Tembi mengembangkan aneka produk kerajinan, mulai dari batik tulis, lukisan batik, selendang, pakaian, mainan, dan aneka kerajinan tangan. Pewarnaan alami menjadi ciri khas mereka, sehingga alam terus lestari. Mereka juga melayani kursus membatik bagi pengunjung yang ingin belajar cara membatik.

Umumnya, keterampilan seni, kerajinan tangan, dan membatik dilatihkan dalam keluarga secara turun-temurun. Sejak dini, orang tua mengajarkan keterampilan membatik pada anak-anaknya. Selain kreativitas seni juga ditularkan lewat sekolah atau magang pada warga yang sudah berhasil.

Meski warga hanya memamerkan produk mereka di rumahnya, penjualan untuk pasar luar sangat mendominasi. Pemesanan dari luar negeri dilakukan oleh para turis yang pernah berkunjung ke Kampung Tembi. Mereka meminta warga mengirim foto produk-produknya melalui instan messenger atau sosial media.

Selain itu, pembeli online juga mulai meningkat angkanya. Karena itu, sistem penjualan online menjadi kebutuhan utama warga di masa mendatang. Tak berlebihan, Pemerintah Kabupaten Bantul telah menetapkan Kampung Tembi sebagai Kampung Seni.

 

%d blogger menyukai ini: