image

Warga Desa Wiradadi, Kecamatan Sokaraja, Banyumas yang tinggal di RT 10 RW 01 terus memupuk rasa kebersamaan melalui kerja bakti. Meski kegiatan kerja bakti hanya diperuntukkan untuk warga laki-laki, puluhan perempuan dan anak-anak secara sukarela terlibat dalam kegiatan ini.

Kerja bakti merupakan kegiatan rutin tiap minggu ketiga. Pada hari Minggu, mulai pukul 06.30-09.00 warga membersihkan jalan-jalan kampung dan taman di wilayah rukun tetangga. Peralatan yang digunakan berupa cangkul, cetok, sabit, sapu, hingga gerobak pengangkut sampah. Hasilnya, lingkungan terlihat bersih, asri, dan indah.

Acara kerja bakti dikoordinasi oleh pengurus RT bidang kebersihan. Mereka menyebarkan undangan melalui instant messenger maupun surat undangan. Banyaknya warga yang mengikuti kerja bakti karena mereka menganggap kegiatan itu menyenangkan. Lumayan, untuk pengganti olahraga pagi, celoteh warga.

Usai membersihkan lingkungan mereka menyantap makanan dan minuman yang disediakan oleh para penggerak PKK tingkat RT. Ada kopi, teh, air putih, aneka gorengan, aneka jajan pasar, maupun lontong.

“Anak-anak biasanya berebut saat mengambil makanan ringan. Padahal jumlahnya cukup semua warga,” kisah seorang warga.

%d blogger menyukai ini: