Balagawa

Festival Desa Teknologi Informasi dan Komunikasi atau disebut Festival Destika adalah salahsatu upaya mendorong pemanfaatan TIK di desa. Kegiatan ini didukung oleh Kementerian Komunikasi dan Informasi serta Penggiat Desa dan TIK yang tergabung Dalam Gerakan Desa Membangun.

mJDEfO5f

Pada kegiatan Festival Destika ke-2 Desa Tanjungsari Kecamatan Sukahaji Kabupaten Majalengka, menjadi tuan rumah menyelenggarakan kegiatan tersebut.

Berikut adalah tulisan Tasrip Kepala Desa Tanjungsari, lebih dikenal dengan sebutan Balagawa Ruampes, beliau sampaikan testimoni tentang dampak dan manfaat setelah menjadi Desa TIK dan menjadi penyelenggara Festival Destika ke-2.

Pada bulan September 2014 dua Tahun silam, Desa Tanjungsari menjadi penyelenggara Festival Destika ke- 2 Tingkat Nasional. Kegiatan di hadiri oleh 18 Provinsi yang terdiri dari  unsur Kepala Desa, Perangkat Desa, Penggiat Desa, Relawan TIK, SKPD kabupaten dan Propinsi.

Selama dua (2) tahun Pemerintah Desa berusaha melakukan sosialisasi pemanfaatan TIK di Desa dan menjelaskan mengenai Apa Arti dan mamfa’at dari Desa TIK bagi Pemdes, Lembaga Desa, Lembaga Kemasyarakatan, Pelajar, Pegawai, Tokoh masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh Pengusaha Batu Alam, Kayu, Bambu, Anyam anyaman, sangkar burung, Petani Padi, Petani Hortikultura, Pengusaha pengemudi Umum, Ojek, Kelompok Domba, Telur Puyuh, lele dan kaum buruh migran.

Saat ini hasilnya cukup memuaskan bagi Pemerintah Desa, dampaknya mulai dirasakan oleh warga masyarakat.

Contohnya ibu-ibu rumah tangga yg tidak mau ketinggalan terlibat dalam memanfaatkan TIK,  untuk keperluan mencari pengetahuan tentang pengelolaan pekarangan, resep makanan serts ada juga ibu rumah tangga berprofesi Ojek Online, selain itu para sopir angkot yg memfasilitasi para penumpangnya dengan memanfaatkan Wifi Desa.  Mobil angkotnya selalu di pergunakan untuk mengantar pelajar sekolah, rutinitas kegiatan warga ke pasar desa dan pengangkutan produk-produk desa.

Bagi para TKI/Buruh migran yang mendulang sukses, setelah pulang dari luar negeri, mereka terinspirasi untuk berusaha di desanya dengan modal hasil bekerja sebagai buruh migran, diantaranya usaha perdagangan, servis kendaraan dll.

Selanjutnya Kepala Desa Tanjungsari mengucapkan TerimaKasih kepada para pihak yang telah berpartisipasi dalam menyukseskan Festival Destika ke-2 serta berharap Desa Tanjungsari bisa lebih maju, makmur dan transparan dalam tata kelola pembangunan desa.

infografis-desa-tanjungsari-apbdesa-2017-soep-gdm-tdk

Balagawa Ruampes

Kepala Desa Tanjungsari -Majalengka