Tentang Program

Sekilas ProgramDewan RedaksiSebaran Kontributor

Pendamping Desa merupakan program Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi, selanjutnya disebut Kementerian Desa, untuk memperkuat desa dalam pelaksanaa Undang-Undang No 6 tahun 2014 tentang Desa melalui dukungan tenaga pendamping. Pendamping Desa memfasilitasi dan meningkatkan kemampuan desa dalam penyelenggaraan pemerintahan desa, kerja sama desa, pengembangan BUM Desa/ BUM Desa Bersama, pembangunan desa, dan pemberdayaan masyarakat.

Pendamping Desa yang berada di kecamatan. Dia juga bertugas untuk membina dan mengawasi Pendamping Lokal Desa, khususnya dalam hal pendampingan dana desa. Pendamping Desa dituntut mempunyai kapasitas yang luas mengenai regulasi dan mekanisme pendampingan desa, sehingga dapat menjadi tempat untuk merunjuk apabila pendamping lokal desa mempunyai permasalahan, karena lokasi Pendamping Desa adalah tempat terdekat bagi Pendamping Lokal Desa.

Pendampingan desa bertujuan untuk mewujudkan tata kelola desa yang mampu mendorong kemandirian desa dan masyarakat melalui pendekatan partisipatif.

Pelindung
Eko Putro Sandjojo, Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi
Ahmad Erani, Dirjen Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa

Redaktur Ahli
Arief Setyabudi
Yossy Suparyo
Sutardjo PS

Redaktur Pelaksana
Arief Setyabudi
Yossy Suparyo
Sutardjo PS

Riset dan Data
Arief Setyabudi
Yossy Suparyo
Sutardjo PS

Dukungan TeknisAkbar Bahaulloh
Saring Supandoyo