IMG_20170304_235033

Berikut kutipan pak Menteri Desa, PDTT Eko Putro Sandjojo dalam status tweeternya *Untuk Pendamping Desa di seluruh Nusantara*

*Tumbuhkan Ekonomi Desa, Setujukah Anda Jika Tiap Desa Fokus Menentukan Produk Unggulannya ?*

Setiap desa memiliki karakter yang berbeda-beda potensi ekonominya. Ada desa-desa yang memiliki potensi ekonomi bercorak pertanian pangan, desa kaya komoditas non pertanian pangan seperti kawasan sawit, serta ada juga desa dengan keunggulan komoditas perikanan dan kelautan. Jika setiap desa mampu didorong melalui musyawarah bersama untuk menentukan fokus produk unggulan desanya, maka terjadi konsentrasi dan akumulasi ekonomi desa yang sangat besar. Hal ini akan memiliki dampak positif dari segi ekonomi di antaranya; penyerapan tenaga kerja, pembangunan industri desa, menarik minat mitra ekonomi desa/ investor, terciptanya pasar ekonomi yang lebih luas, dan juga pemenuhan kebutuhan masyarakat desa sendiri.

Dengan demikian desa harus segera merumuskan strategi perluasan ekonomi. Baik secara mandiri maupun  bersinergi dengan desa lain dalam satu kawasan mau pun antar kawasan. Fokus kepada produk unggulan harus dimiliki setiap desa juga memudahkan dan menjadi pondasi awal untuk mendorong adanya aktivitas ekonomi yang lebih solid bagi masyarakat desa dengan membuat Badan Usaha Milik (BUM) Desa.  Jika hal itu terjadi secara ekonomi akan memungkinkan aliran deras baik modal, tenaga kerja mau pun investasi.

Menentukan fokus produk unggulan desa juga telah menjadi salah satu agenda pokok atau program strategis Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (PDTT) yang disebut OVOP (one village one product). OVOP akan menjadi prioritas dari program unggulan Kemen Desa PDTT 2017. Jika program ini terwujud dan bisa direalisasikan, produk unggulan desa akan memberikan “tabungan” bagi kekayaan desa dan masyarakat desa sehingga dengan demikian berdampak positif pada kesiapan desa sebagai penopang pembangunan nasional karena masalah utama mereka berupa kemiskinan desa bisa diatasi bahkan secara mandiri.

 

Eko Putro Sandjojo

#RakornasDes