IMG_20170307_140350

Hal paling istimewa dan mensyaratkan pesan KTT IORA Tahun 2017 adalah bahwa konferensi dipimpin oleh tiga menteri perempuan yaiyu Menteri Luar Negeri RI Retno LP Marsudi, Menteri Luar Negeri Australia Julie Bishop dan Menteri Hubungan dan Kerja Sama Internasional Afrika Selatan, Maite Nkoana-Mashabane.

IMG_20170307_125345

Sebagaimana disampaikan Retno LO Marsudi (6/3) dipilihnya tiga menteri luar negeri perempuan untuk memimpin KTT IORA, sebagai salah satu bentuk penguatan pemberdayaan wanita. Hal itu sejalan dengan isu Women Empowerment yang akan diangkat sebagai cross cutting issue dalam pelaksanaan konferensi, selain terkait Blue Economy.

Betapa strategis peran perempuan dalam mengungkit kesejahteraan ekonomi terutama di negara-negara G-20, telah terbukti. Hal tersebut disampaikan Presiden Jokowi pada acara sambutan pertemuan Kepala Negara IORA 2017 di Jakarta Convention Center, Senayan (7/3) Presiden sampaikan bahwa”Pengalaman di seluruh dunia menunjukan, paling gampang dan paling mudah menggenjot ekonomi dengan pemberdayaan perempuannya,” selanjutnya juga disampaikan pepata bahwa “dibalik laki-laki hebat ada perempuan hebat dibelakangnya”.

IMG_20170307_140556

Sekali lagi Presiden Jokowi tegaskan “Kita harus ingat pepatah yang saya kira amat benar yaitu, behind every great man there is a great woman. Di belakang orang hebat ada seorang wanita hebat,”

Dalam rangka penguatan peran perempuan, Menteri Luar Negeri Indonesia, Retno Marsudi tahun 2016 pernah mendeklarasi kesetaraan wanita dan pemberdayaan ekonomi perempuan di Bali.

Selain pemberdayaan perempuan sebagai cross cutting issue, Blue Economy menjadi pembahasan dalam model kerjasama yang akan dikembangkan diantara anggota IORA.

IMG_20170307_140505

Sebagai upaya wujudkan visi Indonesia menjadi Poros Maritim Dunia, beberapa hal yang harus dilakukan diantaranya adalah:

  1. Indonesia akan mengambil peran lebih besar di bidang kemaritiman dalam KTT IORA 2017.
  2. Dalam  KTT IORA 2017, pemerintah akan bangun jejaring antar lembaga penegakan hukum kemaritiman antar negara IORA. Jejaring yang lebih kuat adalah upaya atasi berbagai ancaman keamanan laut di Samudera Hindia akan semakin mudah.
  3. Dalam manajemen perikanan, pemerintah siap berikan bantuan penguatan kapasitas di berbagai bidang.
  4. Pemerintah juga siap menawarkan pelatihan pemetaan hidrografi, deteksi dini tsunami.

Issue Women empowerment dan Blue Economy, semoga menjadi konsep implementatif yang segera direspon menjadi bentuk-bentuk kerjasama ekonomi yang menguntungkan, sehingga meningkatkan daya ungkit kesejahteraan bagi Desa-desa diwilayah pesisir Indonesia.

 

 

STJ

 

 

%d blogger menyukai ini: