PRESS RELASE

Pemerintah Kecamatan Sumbang menyelenggarakan kegiatan Pembekalan dan Peningkatan Kapasitas Perangkat Desa se Kecamatan Sumbang Tahun 2017.

Kegiatan bertujuan untuk meningkatkan pemahaman, pengetahuan dan kemampuan para Perangkat Desa dalam pelaksanaan tugas dan fungsinya sesuai Perda Banyumas Nomor 1 Tahun 2016 tentang SOTK Pemerintah Desa, paska Rotasi Jabatan Perangkat Desa 2016 dan Penjaringan serta Penyaringan Perangkat Desa 2017.

Kegiatan dilaksanakan di Hotel Moro Seneng Baturraden selama 3 (tiga) hari, yaitu mulai hari Jum’at tanggal 29 September s.d. hari Minggu tanggal 1 Oktober 2017 yang diikuti oleh seluruh Perangkat Desa (para Kadus, Kasi dan Kaur) se Kecamatan Sumbang sejumlah 183 orang ditambah para Sekretaris Desa selaku Panitia Penyelenggara (19 orang) dan para Kepala Desa (19 orang), total 222 orang. Kegiatan ini dibiayai dari APBDes Perubahan 19 desa se Kecamatan Sumbang sebesar Rp. 138.395.000,-. Panitia Penyelenggara adalah dari unsur Sekretariat Kecamatan, Pendamping Desa serta para Sekretaris Desa.

Kegiatan telah dibuka oleh Bupati Banyumas pada tanggal 29 September 2017 dilanjutkan dengan Jam Pimpinan oleh Bupati Banyumas.

Dalam acara pembukaan dilaksanakan juga penandatanganan MOU antara 19 Kepala Desa se Kecamatan Sumbang dengan Harian RADAR Banyumas untuk kegiatan publikasi potensi desa, profil desa dan perangkatnya serta APBDes. Kegiatan publikasi dengan MOU ini dibiayai dan dianggarkan dalam APBDes Perubahan 2017 oleh masing-masing desa.

Hari ke I (29 September 2017)
Kegiatan diisi dengan materi pembekalan umum oleh para Kepala OPD yang berkompeten yang diikuti seluruh perangkat desa dalam 1 kelas besar.

Hari ke II (30 September 2017)
Peserta sudah dibagi dalam materi khusus dari beberapa Kepala OPD per jabatan, sehingga terdapat 7 ruang/kelas untuk : Kelas Kasi Pemerintahan, Kelas Kasi Kesra, Kelas Kasi Pelayanan, Kelas Kaur TU dan Umum, Kelas Kaur Keuangan, Kelas Kaur Perencanaan dan Kelas Kepala Dusun.

Hari ke III (1 Oktober 2017)
Kegiatan diisi dengan dinamika kelompok, games dan hiburan untuk refreshing peserta

Nara sumber yang dihadirkan dalam kegiatan pembekalan selama 2 hari utama (29 s.d. 30 September 2017) adalah Bupati Banyumas, Ketua DPRD serta 21 nara sumber dari berbagai OPD maupun instansi vertikal, TNI dan Polri, dengan moderator dan pendampingan kelas oleh para Kasi dan Kasubag Sekretariat Kecamatan Sumbang.

Dengan kegiatan pembekalan materi, game melalui dinamika kelompok dan interaksi perangkat diharapkan para Perangkat Desa akan lebih mampu dan memahami tugas fungsinya, meningkatkan kedisiplinan serta semakin kompak dan lebih meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat.

SUMBANG MUNGKIN BUKAN YANG TERBAIK, TAPI KAMI SELALU BERUSAHA MENJADI YANG TERBAIK …..

ORANG SUMBANG PANTANG PULANG SEBELUM TUMBANG ……
JAYA SATRIA PANUMBANG …….. !!!!!!!!!

%d blogger menyukai ini: