menteri-desa-eko-sandjojo-putro-dalam-pelatihan-pratugas-tim-ahli-kabupaten

Menteri Desa, Eko Putro Sandjojo dalam Pembekalan Pelatih Pratugas Tim Ahli Kabupaten di Jakarta

Menteri Desa, Eko Putro Sandjojo berharap Pendamping Desa mampu menggerakkan roda perekonomian desa. Pendamping Desa membantu pemerintah dan masyarakat desa untuk menggali potensi, mengembangkan produk unggulan, termasuk memperluas akses pemasaran potensi dan produk desa.

Harapan itu disampaikan Menteri Desa dalam pembukaan Pelatihan untuk Pelatih (PuP) Pratugas Tim Ahli Kabupaten, Jakarta (18/9). Menurutnya, desa masih menjadi kantong-kantong kemiskinan sehingga perlu aksi nyata untuk mengentaskan warga dari jerat kemiskinan.

“Kita punya angkatan kerja yang besar. Pendamping Desa harus fokus pada info penggalian potensi desa supaya desa menjadi sentra baru ekonomi di Indonesia,” ujarnya.

Menteri Desa percaya gerak ekonomi masa depan akan dipicu oleh desa. Sebagian besar konglomerat di Indonesia bergerak dalam bisnis bahan baku yang ada di desa. Apabila Badan Usaha Milik Desa (BUM Desa) mampu mengurus sumberdaya desa, termasuk industri pengolahannya, maka warga desa tak perlu pergi ke kota.

“Ayo rumuskan 20 prosen aksi yang targetnya 80 prosen goal, bukan 80 prosen aksi yang hanya hasilkan 20 prosen goal. Pendamping Desa harus terlibat aktif sebagai pelaku, bukan sekadar pendorong,” imbuhnya.

%d blogger menyukai ini: