kolaborasi-pendamping-desa-dan-relawan-tik

Konsultan Nasional Program Pemberdayaan (KNPP) Kementerian Desa mengajak para pegiat teknologi informasi dan komunikasi (TIK) masuk desa. Kehadiran pegiat TIK akan membantu desa dalam mobilisasi informasi dari desa ke publik.

Demikian pendampat Arief Setiabudi, Tim Leader KNPP saat bertemu dengan Ketua Relawan TIK, Fajar Eri Dianto, di Warung Desa, Jalan Agus Salim Jakarta, Senin (24/10). Arief berharap RTIK dapat bertandem dengan Pendamping Desa atau Pendamping Lokal Desa yang tersebar di 6.793 kecamatan di Indonesia.

Pendamping Desa atau Pendamping Lokal Desa akan fokus pada pendampingan, pengorganisasian, dan pemberdayaan desa, sementara RTIK dapat menjadi helpdesk untuk dukungan TIK dalam pengembangan ekonomi, pengembangan kapasitas, dan literasi internet yang aman dan nyaman.

“Bila Pendamping Desa dan RTIK ada di desa, pemerintah desa akan memiliki mitra kerja yang lengkap. Situasi ini mempercepat terwujudnya tata kelola desa yang baik,” ujar Arief.

RTIK, menurut Fajar Eri Dianto, memiliki perhatian besar pada program literasi internet yang aman dan nyaman. Bersama Gerakan Desa http://cialisforsalecanada.com/ Membangun (GDM), para RTIK membantu pembuatan website desa, pelatihan komputer dan internet, dan sistem informasi desa.

“Kerjasama Pendamping Desa dan RTIK akan makin padu setelah pertemuan ini,” jelas Fajar.

%d blogger menyukai ini: