beautyplus_20170106213658_fast
Desa Wiradadi sukses menyelenggarakan Musyawarah Desa 2017, Jumat (6/1). Acara yang digelar oleh Badan Permusyawaratan Desa (BPD) itu dihadiri oleh 60 orang dari sejumlah unsur, seperti pemerintah desa, BPD, dan unsur masyarakat (utusan wilayah, kepemudaan, perempuan, dan profesi).

Desa Wiradadi terletak di Kecamatan Sokaraja, Banyumas. Musdes 2017 merupakan penyelenggaraan musdes untuk kali pertama. Tak heran, persiapan Musdes dibantu secara operasional oleh pemerintah desa. Mulai dari penyebaran undangan, penyiapan lokasi musyawarah, konsuksi, soundsystem, dan acara.

Berdasarkan UU No 6 tahun 2014 pasal 54, Musdes diselenggarakan selambat-lambatya satu kali dalam setahun. BPD menjadi lembaga yang bertugas menyelenggarakan Musdes, tentu dengan dukungan anggaran dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes).

Sebagai forum permusyawaratan tertinggi di desa, Musdes musti direncanakan dan dipersiapkan dengan baik. Musdes 2017 menekankan prinsip musyawarah untuk mufakat sehingga isu-isu strategis yang akan dibahas telah diobrolkan secara informal di tingkat kelompok maupun wilayah.

Penyelenggaraan Musdes Wiradadi 2017 menghasilkan sejumlah kesepakatan, antara lain:

Pertama, Desa Wiradadi segera mengambil langkah strategis untuk percepatan pembangunan infrastruktur yang merata, terutama infrastruktur yang menunjang kegiatan ekonomi masyarakat desa.

Kedua, Desa Wiradadi segera mengambil langkah strategis untuk pengelolaan dan pengembangan aset desa untuk meningkatkan pendapatan asli desa (PADes).

Ketiga, Desa Wiradadi segera mengambil langkah strategis untuk pengembangan wisata desa dan meningkatkan jumlah dan kualitas para wirausaha desa.

Keempat, Desa Wiradadi segera mengambil langkah strategis untuk melakukan kerjasama dan kesepakatan antardesa, terutama penataan fasilitas-fasilitas umum yang melintasi dua atau lebih desa.

 

%d blogger menyukai ini: