whatsapp-image-2016-11-11-at-3-53-45-am

BANTUAN: Petani tiga desa di Kecamatan Telaga mendapatkan bantuan pupuk dan bibit sayuran dari pemerintah.

 

GORONTALO- Pendamping Desa (PD) dan Pendamping Lokal Desa (PLD) Kecamatan Telaga, Gorontalo secara intensif mendampingi petani di tiga desa yakni Desa Dulamayo Selatan, Dulamayo Utara dan Dulamayo Barat. Pendampingan tersebut untuk meningkatkan potensi desa yang dimiliki ketiga desa tersebut agar mampu berkembang dengan baik. Potensi yang dimiliki yakni sayuran dan buah-buahan.

Ketiga desa tersebut didampingi sejak Januari 2016 berdasarkan analisis yang dilakukan terkait potensi-potensi desa yang ada di Kecamatan Telaga.

Cara kerja itu mereka sebut dengan cara kerja pendamping profesional dengan cara menularkan keahlian diri ke masyarakat dan mengelola potensi desa.

Petani yang termarginal ini dibentuk menjadi beberapa kelompok yang kemudian diarahkan dan dibina oleh para PD dan PLD. Jika Anda mau desa-desa itu harus melewati satu kota satu kabupaten.

Sampai sekarang sudah ada tujuh kelompok yang didampingi dan dibina oleh PD dan PLD Kecamatan Telaga dalam mengolah potensi desa terutama dalam bidang pertanian.

Berkat ketekunan pendampingan dan kerja keras petani, pada tanggal 11 November 2016 Pemerintah Kabupaten Gorontalo melalui Dinas Pertanian memberikan bantuan kepada para petani yang ada di tiga desa tersebut berupa 70 ton pupuk organik, bibit sayur col, wortel dan buah apel malang serta beberapa peralatan pertanian, senilai sekitar Rp 1 miliar.

Cara Kerja seperti ini yang sesungguhnya di harapkan pada setiap pendamping profesional. Mari terus bekerja, banyak hal yang bisa kita bantu untuk desa, bukan hanya mengandalkan Dana Desa, tetapi membantu desa dalam hal mengolah potensi desa, mengorganisir masyarakat, membantu dalam menyelesaikan masalah yang relevan di desa termasuk pada Pelayanan Sosial Dasar.

Penulis: Muhlis Panai

%d blogger menyukai ini: