Terdapat 7 Berita Media Online mainstream yang telah terangkum pada hari Selasa, 17 Oktober 2017 pukul 14.00 sampai dengan hari ini Rabu, 18 Oktober 2017 pukul 09.00 adalah sebagai berikut:

1. Presiden Minta Masyarakat Terlibat Mengawasi Dana Desa
http://news.metrotvnews.com/read/2017/10/18/774592/presiden-minta-masyarakat-terlibat-mengawasi-dana-desa

Presiden Joko Widodo meminta masyarakat terlibat dalam mengawasi program dana desa. Pasalnya, program ini adalah andalan pemerintah untuk membangun desa dan mengurangi ketimpangan.

2. 3 Tahun Pemerintahan Jokowi-JK, Dana Desa Terus Bertambah
https://news.okezone.com/read/2017/10/17/337/1797222/3-tahun-pemerintahan-jokowi-jk-dana-desa-terus-bertambah
Anggaran dana desa terus mengalami peningkatan setiap tahun.

Digulirkan sejak 2015, dana desa awalnya hanya sebesar Rp 20,76 triliun kemudian pada 2016 naik menjadi Rp 46,9 triliun. Lalu tahun ini sebesar Rp 60 triliun.

3. Masyarakat Perlu Dilibatkan dalam Pengawasan Dana Desa
http://www.industry.co.id/read/18114/masyarakat-perlu-dilibatkan-dalam-pengawasan-dana-desa
Presiden Joko Widodo mengajak masyarakat ikut terlibat dalam mengawasi penggunaan dana desa yang telah diberikan pemerintah pusat sehingga dapat dihindari penyimpangan dari ketentuan.

4. Tahun Jokowi, Luhut: Pemerintah Harus Membenahi Dana Desa
http://ekonomi.metrotvnews.com/read/2017/10/17/774471/3-tahun-jokowi-luhut-pemerintah-harus-membenahi-dana-desa
Menteri Koordinator bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan menilai kinerja pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla selama tiga tahun terakhir cukup memuaskan. Namun, pemerintah masih perlu membenahi pengelolaan dana desa yang rawan korupsi.

5. Suap Auditor BPK, Sidang Rochmadi Saptogiri Digelar Hari Ini
https://nasional.tempo.co/read/1025657/suap-auditor-bpk-sidang-rochmadi-saptogiri-digelar-hari-ini#3MejlHWWcMiYrEeE.99

Dua mantan auditor Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), Rochmadi Saptogiri dan Ali Sadli, akan menjalani sidang perdana dalam kasus suap auditor BPK di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta Pusat, hari ini Rabu 18 Oktober 2017.

Keduanya merupakan tersangka dalam kasus suap terkait pemberian opini wajar tanpa pengecualian (WTP) di Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi tahun 2016.

6. Bupati Sakariyas Apresiasi Gala Desa di Katingan
http://www.borneonews.co.id/berita/77344-bupati-sakariyas-apresiasi-gala-desa-di-katingan
“Kementerian Pemuda dan Olahraga melalui ayo olahraga pada tahun 2017 akan meluncurkan program Gala Desa yang bersinergi dengan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi,”

7. Presiden Jokowi: Libatkan Masyarakat dalam Pengawasan Dana Desa
http://ksp.go.id/presiden-jokowi-libatkan-masyarakat-dalam-pengawasan-dana-desa/index.html

Presiden Joko Widodo menjamin bahwa program dana desa sebagai salah satu program andalan pemerintah untuk membangun desa dan mengurangi ketimpangan masih berada pada jalur yang tepat dan dinilai tepat sasaran.

Namun, dirinya juga menyadari bahwa dalam pelaksanaannya dibutuhkan perbaikan sistem, prosedur, dan pengawasannya agar dana tersebut dapat lebih memajukan desa.

Mayoritas Berita yang dibahas adalah Presiden Jokowi meminta masyarakat untuk ikut terlibat dalam mengawasi penggunaan dana Desa.

Dana itu ditransfer langsung dari pusat menuju ke desa. Tanggung jawab ada di desa, masyarakat juga harus ikut mengawasi dan mengontrol uang itu jadi barang apa.

Apakah jadi irigasi, jalan, dan sebagainya. Tidak mungkin pemerintah pusat, provinsi, maupun daerah mengikuti begitu banyaknya desa, Ia juga mengingatkan, dari 74 ribu desa yang ada di Indonesia, tidak mungkin bagi pemerintah untuk mengawasi jalannya pemanfaatan dana desa satu per satu.

Oleh karenanya, Kepala Negara mengajak peran serta masyarakat untuk ikut mengawasi penggunaan dana desa yang telah diberikan pemerintah pusat.

%d blogger menyukai ini: