Berikut ini adalah kutipan diskusi Maya tentang Program Inovasi Desa, yang diluncurkan dalam laman facebook Bambang Soetono.

Dalam rangka mendukung implementasi UU Desa dan mengoptimalkan penggunaan Dana Desa Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Kemendes dalam 2 (Dua) tahun ini menjalankan Program Inovasi Desa (PID).

Selanjutnya dalam rangka memotivasi peran pendamping desa dalam mendorong inovasi desa, inisiator Inovasi Desa Bambang Sutono, menggelar kuis sekaligus sebagai uji pengetahuan bagi para Penggiat Desa terutama para pendamping desa.

Pertanyaan kuisnya adalah sebagai berikut : APA ITU PROGRAM INOVASI DESA (PID) DAN APA TUJUANNYA?

Kuis ini tidak berlaku bagi Staf danTA Kesekjenan dan Ditjend PPMD, TA PID dan P3MD Pusat dan Provinsi, Kemendesa PDTT dan Staf/Konsultan Social Development unit-Bank Dunia.

Sebagai insentif untuk pemenang kuis adalah kaos polo executive.

Jawaban peserta tentang pertanyaan kuis diatas adalah sebagai berikut :

Mappisona Adi

PID adalah sebuah kegiatan,ide yg diciptakan oleh masyarakat,baik fisik maupun non fisik mulai dr proses perencanaan smpai pelaksanaan
Tujuannya :
1.Transper ilmu pengetahuan n keterampilan
2.Menciptakan manusia yg trampil
3.Memanpaatkan potensi lokal baik alam maupun SDM
4.Meningkatkan kesejahtraan Masyarakat

Asep Adjie WR

PID adalah program untuk mendorong dan memfasilitasi penguayan kapasitas desa yang di otentasikan untuk pencapaian target rpjm dan program prioritas kementrian Desa PDTT melalui peningkatan prodiktivitas perdesaan dengan bertumpu pada pengembangan ekonkmi, peningkatannkialitas sdm dan pemenuhan dan pwningkatan infrastruktur perdesaan.

Tujuannya untuk meningkatkan kualitas penggunaan dana desa melalui berbagai pengembangan dan pemberdayaan masyarakat yang lebih inovatif dan peka terhadap kebutujan masyarakat.

Vincent Tukan

Program yang memberikan jawaban atas kebutuhan-kebutuhan desa terhadap layanan teknis yàng berkualitas,merangsang munculnya inovasi dalam praktek pembangunan dan solusi inovatif untuk menggunakan dana desa secara tepat dan seefektifmungkin.

Ide Wanusmawati

Program inovasi desa itu adlah knowledge sharing management. Membagikan hal-hal yang bersifat inovasi di desa , kemudian di share di desa2 lain sebagai referensi dalam menyusun perencanaan pembangunan desa.

Sehingga diharapkan penggunaan dana desa lebih berkembang dan berkualitas tidak terpaku pada pembangunan infrastruktur semata.

Djahyani Raja

PID adalah program untuk mendorong dan memfasilitasi pengayaan kapasitas desa yang di otentasikan untuk pencapaian target rpjm dan program prioritas kementrian Desa PDTT melalui peningkatan prodiktivitas perdesaan dengan bertumpu pada pengembangan ekonomi peningkatann mutu sdm dan peningkatan infrastruktur perdesaan.

Tujuannya untuk meningkatkan kualitas penggunaan dana desa melalui berbagai pengembangan dan pemberdayaan masyarakat yang lebih inovatif dan peka terhadap kebutujan masyarakat.

Setyo Basuki

PID adalah progam pembaruan praktik prmbangunan dan pertukaran pengetahuan melalui peningkatan kapasitas desa dalam mengembangkan rencana serta melaksanakan pembangunan secara berkelanjutan dan berkualitas

Adapun tujuan PID : 1 pemenuhan kebutuhan pembangunan infrastruktur masyarakat desa. 2 melakukan pembinaan kreatifitas masyarakat desa sehingga mempunyai daya saing. 3 mengembangkan progam dan kegiatan pembangunan desa secara berkelanjutan. 4 meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa

Demikian Jawaban dari teman-teman Penggiat Desa. Semua benar semoga menjadi motivasi untuk bergerak mendorong inovasi terus berkembang di Desa.

%d blogger menyukai ini: