Kunjungan tim KNPP ke desa Wajok Hulu kecamatan Siantan kabupaten Mempawah Kalimantan Barat

Kunjungan tim KNPP ke Desa Wajok Hilir, Kecamatan Siantan, Kabupaten Mempawah, Kalimantan Barat.

Tenaga Ahli Utama Pembangunan Partisipatif Konsultan Nasional Pengembangan Program (TAU PP KNPP) Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi melakukan monitoring kegiatan pendampingan desa di bidang perencanaan pembangunan desa.

Kunjungan dilaksanakan pada Selasa (27/12) di Desa Wajok Hilir, Kecamatan Siantan, Kabupaten Mempawah, Provinsi Kalimantan Barat. Para tamu diterima langsung oleh Kepala Desa Wajok Hilir, Abdul Majid beserta perangkat desa di Ruang Kantor Kepala Desa.

Abdul Majid mengaku terkejut sekaligus senang atas kunjungan ini.

“Wah suatu penghargaan luar biasa, kami dikunjungi orang dari pusat,” ujarnya.

Selama kunjungan TAU PP KNPP, Ahmad Firdaus, mendiskusikan kinerja pendamping desa (PD) dan pendamping lokal desa (PLD) dalam proses perencanaan pembangunan desa. Abdul Majid, berpendapat keberadaan PD dan PLD sudah memberikan banyak manfaat ke desa.

Dia mencontohkan, pada kegiatan perencanaan pembangunan desa, PD dan PLD membantu pemerintah desa dalam memfasilitasi kegiatan musyawarah, penggalian gagasan, pengkajian kondisi desa, pelaksanaan kegiatan, serta penyusunan pertanggungjawaban penggunaan dana desa.

Lalu, Abdul Majid menunjukkan dokumen-dokumen perencanaan desa, seperti RPJMDES, RKPDES, serta APBDES. Semua itu dapat diselesaikan atas fasilitasi yang dilakukan oleh para PD dan PLD.

“Kami dapat menghemat anggaran APBDES dari 34 kegiatan, menyisakan anggaran lebih dari seratus juta. Kemudian kami musyawarahkan untuk digunakan menambah kegiatan, dan menghasilkan 11 kegiatan tambahan,” jelasnya.

Lewat kunjungan ini, sejumlah praktik baik dalam pengelolaan desa dapat dilihat langsung. Pengelolaan desa semakin baik, akuntabel, dan transparan. Desa Wajok Hilir merupakan contoh baik bagi desa-desa lain di Indonesia.

%d blogger menyukai ini: