Kawasan bandung selatan mempunyai beberapa sebaran wilayah yang mempunyai potensi yang sangat luar biasa untuk dikembangkan dan dapat menjadi tambahan pendapatan asli daerah. kecamatan kertasari merupakan salah satu wilayah bagian dari kabupaten bandung yang mempunyai kontur pegunungan dan merupakan hulu sungai dari Citarum serta dikelilingi oleh perkebun teh.  

Pada kesempatan tersebut KNPP berkesempatan mengunjungi daerah tersebut sekaligus penguatan kepada desa-desa yang berada di kecamatan kertasari dalam rangka bintek Posyantek yang berlokasi di desa Cibeureum. 

Namun disamping penguatan kapasitas posyantek,  ternyata kecamatan kertasari menyimpan potensi yang luar biasa dari bidang pertanian yang kemudian dapat dikembangkan menjadi objek wisata yang berbasis pertanian masyarakat. 

Sumber daya alam yg luar biasa dg dikelilingi oleh gunung-gunung dan hawa sejuk tentu akan menjadi pemantik bagi orang-orang untuk berkunjung ke desa tersebut. Konsep desa wisata sebetulnya sudah mulai digaungkan oleh pemerintah khususnya kecamatan, camat kertasari mempunyai visi untuk membentuk desa-desa wisata dimana para pengunjung yang datang diminta untuk menanam pohon disekitar pegunungan agar gunung-gunung terjaga kelestariannya dan juga sebagai serapan air. 

Selain itu pun pengunjung dapat belajar bercocok tanam sayuran dan menikmati kuliner khas daerah tersebut serta dapat melakukan jogging track di wilayah perkebunan teh. Untuk mewujudkan khal tersebut diperlukan manajemen pengelolaan yang terencana dengan baik. 

Salah satu langkah kongkrit dari pemerintah dalam hal ini kecamatan selaku pembina dari desa adalah bersama dengan pendamping desa untuk mendorong desa untuk membentuk bumdes bersama sehingga dapat menjadi tambahan pendapatan bagi desa. 

Disamping itu perlunya memperkuat jaringan kerjasama dengan pihak lain dalam rangka penguatan promosi desa serta mempersiapkan infrastruktur menuju obyek wisata tersebut. Posyantek melalui TTG diharapkan dapat memperkuat ekonomi usaha masyarakat kecil dan menengah dengan inovasi teknologi yg mudah dilaksanakan oleh pelaku usaha, sehingga kemudian pelaku usaha tersebut dapat berkontribusi dalam memajukan desa wisata dengan produk-produk khas yang dihasilkannya.

%d blogger menyukai ini: