Distrik Demta-Jayapura, Program Inovasi Desa (PID) merupakan salah satu upaya Pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa melalui peningkatan kapasitas desa dalam mengembangkan rencana dan pelaksanaan pembangunan desa secara berkualitas. PID mendukung capaian target RPJM 2015-2019 dengan mendukung pembangunan Desa secara lebih kreatif dan sehingga dapat mendorong pengembangan ekonomi lokal dan pengembangan sumber daya manusia.

PID diselenggarakan oleh Kemendesa PDTT dengan dukungan pendanaan dari Bank Dunia melalui restrukturisasi program yang sebelumnya difokuskan pada Pendampingan Desa dalam pelaksanaan Undang-Undang Desa.

Distrik Demta berada di wilayah Kabupaten Jayapura yang terdiri dari 7 (tujuh) kampung, dan dalam kurun waktu 3 (tiga) tahun terakhir ini ke 7 (tujuh) kampung tersebut telah menerima dan mengelola Dana Desa yang bersumber dari APBN. Banyak potensi yang dimiliki dan dapat dikembangkan di Distrik Demta contohnya di sektor perikanan laut dan pariwisata. Kehadiran Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa sesungguhnya memberikan ruang kepada kampung-kampung di Distrik Demta untuk mengembangkan potensi yang dimiliki secara mandiri

Pada hari Rabu tanggal 04 Oktober 2017 Distrik Demta telah melakukan gebrakan besar yaitu melakukan kegiatan Sosialisasi dan Musyawarah Antar Desa I Percepatan Pengelolaan Pengetahuan dan Inovasi Desa (PPID) Tahun 2017 yang difasilitasi oleh Kepala Distrik Demta Eroll Yohanis Daisiu, SE, Kasie Ekbang Yoas M. Eybe, Pendamping Desa serta Piet Hariyanto Soyam dan Obeth Muriol Kossu selaku Pendamping Lokal Desa. Terlaksananya kegiatan tersebut merupakan wujud dari komitmen Pemerintah Kabupaten Jayapura melalui Distrik Demta dan Pemerintah Kampung di Distrik Demta untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat kampung melalui peningkatan kapasitas kampung dalam mengembangkan rencana dan pelaksanaan pembangunan kampung secara berkualitas.

Kepala Distrik Demta Eroll Yohanis Daisiu, SE dalam arahannya pada saat membuka kegiatan Sosialisasi dan Musyawarah Antar Desa I Percepatan Pengelolaan Pengetahuan dan Inovasi Desa (PPID) Tahun 2017 mengatakan Program Inovasi Desa (PID) adalah program yang berkaitan dan tak terpisahkan dengan P3MD yang telah lebih dulu berjalan di masing-masing kampung, kehadiran PID ini sesungguhnya akan memberikan dampak yang lebih baik bagi pemerintah kampung dalam mengelola Dana Desa dimana pemerintah kampung dapat berinovasi dalam melaksanakan pembangunan kampung secara berkualitas dan dapat mempublikasikannya melalui Tim Pengelola Inovasi Desa Distrik Demta yang akan dipilih dan ditetapkan nanti.

Saya juga sangat berharap pelaksanaan kegiatan hari ini akan bermamfaat bagi ke 7 (tujuh) kampung di Distrik Demta sehingga pemamfaatan Dana Desa dapat dimaksimalkan dan tepat sasaran sesuai dengan prioritas penggunaan Dana Desa untuk memenuhi kebutuhan dasar masyarakat, tegas kepala Distrik Demta Eroll Yohanis Daisiu, (FR).

%d blogger menyukai ini: