Pelatihan Sistem Informasi Desa di Desa Wlahar Wetan, Banyumas

Pelatihan Sistem Informasi Desa di Desa Wlahar Wetan, Banyumas

Direktorat Pelayanan Sosial Dasar (PSD) mulai rumuskan platform Sistem Informasi Desa (SID) melalui kunjungan kerja ke sejumlah desa yang telah menerapkan inisiatif SID. Hasil kunjungan menjadi bahan rujukan untuk menyusun panduan dan standardisasi pengelolaan dan pelayanan informasi di desa.

Kunjungan kerja diawali dari Desa Kiarasari, Kecamatan Sukajaya, Kabupaten Bogor. Desa yang berada di kawasan hutan Halimun Salak itu mampu mengelola informasi berbasis web meskipun berada di kawasan susah sinyal. Pemerintah Desa Kiarasari bekerja keras untuk memenuhi akses informasi warga sebagai bagian dari pelayanan desa.

Usai dari Bogor, Tim Direktorat PSD bergerak ke Banyumas. Mereka berkunjung dan berdiskusi dengan Pemerintah Desa Wlahar Wetan, Kecamatan Kalibagor, Selasa (27/9). Desa ini mampu mengembangkan pelbagai media informasi, seperti website, program radio, publikasi koran, dan video desa.

Pengelolaan informasi desa menjadi program unggulan Pemerintah Desa Wlaharwetan. Lewat prinsip desa membangun, kerja cialis5mgbestprice kolaborasi pemerintah desa dan masyarakat tak sia-sia. Hasilnya, keterlibatan masyarakat dalam tata kelola desa semakin meningkat.

Kunjungan berlanjut ke Desa Sedahkidul, Kecamatan Purwosari, Kabupaten Bojonegoro. Desa ini pernah menyabet penghargaan Destika Award 2015 dari Kementerian Komunikasi dan Informatika. Desa Sedahkidul juga mempelopori praktik akuntabilitas dan transparansi anggaran desa.

Kunjungan kerja Tim Direktorat PSD menunjukkan komitmen Kementerian Desa untuk memperkuat praktik baik yang sudah mampu dilakukan oleh desa. Kementerian desa memperkuat kewenangan-kewenangan yang dimiliki desa berdasar UU Desa.

%d blogger menyukai ini: