Untuk urusan desa, Hua Xi selalu menjadi primadonanya. Desa yang terletak provinsi Jiang Shu, pada 1961 hanyalah satu desa kecil dengan 380 keluarga atau 1.520 jiwa. Kondisinya juga sangat terbelakang. Sekarang kondisinya sudah jauh berubah, Hua Xi menjelma sebagai desa paling kaya di dunia.

Kuncinya ada dua, kerja keras masyarakat desa dan pemimpin yang online cialis cerdas. Etos kerja masyarakat desa mulai menuai hasil pada kepemimpinan Wu Renbao. Dia seorang pemimpin desa yang mengantarkan kemakmuran warga desanya. Rahasianya, Wu memegang prinsip “kebahagiaan dinikmati warga desa, kesulitan dipikul pejabat.”

Selain itu, Wu mengusung konsep penyatuan desa. Dia berhasil menyatukan 16 desa di sekitarnya sehingga konsolidasi ekonomi dapat dilakukan. Desa Hua Xi secara bertahap menjadi satu desa termaju di seluruh Tiongkok. Kini, Hua Xi dihuni oleh 30.000 penduduk dengan luasan area 30 Km. Setiap keluarga memiiki rumah berbentuk vila 400 — 600 m² dan mobil mewah.

Pansus RUU Desa pernah berkunjung ke desa ini saat penyusunan RUU Desa. Mereka tertarik untuk mempelajari strategi Desa Huaxi yang mampu mengelola ratusan badan usaha milik desa yang maju. Terlebih, penduduk Desa Huaxi juga masih mengembangkan dunia pertanian seperti di Indonesia. (YS)

%d blogger menyukai ini: