Campakamulya adalah sebuah Desa yang berada di Kawasan Bandung Selatan berjarak kurang lebih 17 Km dari Soreang Ibu Kota Kabupaten Bandung. Desa Campakamulya terletak di kecamatan Cimaung menuju arah  Gunung Puntang yang merupakan tujuan wisata sejarah kabupaten Bandung.

Menelusuri jalan perbukitan ke desa Campakamulya terasa tidak melelahkan, bukan saja karena indahnya suasana dan hawa udara segar, tetapi melihat geliat karya pemuda desa Campakamulya yang telah berkarya dan berprestasi dalam mengembangkan pengetahuan dan pengalaman menghasilkan teknologi yang memiliki potensi ekonomi dan menciptakan lapangan pekerjaan bagi masyarakat Desa.
Pada kunjungan Tim KNPP P3MD Kementerian Desa, PDTT ke workshop posyantek ( Pos Pelayanan Teknologi) 7 Januari 2017, mendapatkan pengetahuan baru bagaimana Posyantek hadir di Desa dan memberikan manfaat bagi masyarakat Desa.

Dede Sopandi adalah seorang pemuda desa yang mempelopori lahirnya Posyantek yang berdiri sejak tahun 2011. Posyantek yang dikembangkan saat ini sudah mampu melayani kebutuhan pasar untuk memenuhi permintaan UMKM di kabupaten Bandung bahkan Jawa Barat.

Produk yang dihasilkan posyantek desa Campakamulya meliputi, mesin pengolah plastik, mesin isi ulang air RO, Mesin pengupas kentang, mesin perlengkan pengolahan kopi, dan masih banyak lagi.

Bisnis yang dikembangan bersama UMKM tidak terbatas untuk pembuatan peralatan pengolahan, tetapi mengembangkan sistem bisnis yang bersifat sharing modal dengan UNKM, sehingga pemeliharaan mesin menjadi bagian peran posyantek untuk menjaga kebelangsung bisnis.

Kegiatan Posyantek desa Campakamulya juga mengembangkan Bengkel Rekayasa Industri Skala Desa ( Barikade) merupakan bentuk Workshop sebagai ruang Belajar dan pengembangkan teknologi.

Posyantek Kecamatan Cimaung memiliki ruang pengembangan  rekayasa dan design serta promosi berbasis teknologi informasi. Selain itu mengembangkan pengetahuan teknologi dengan didukung oleh Pergurian Tinggi seperti UPI, dan sektor Swasta dan Pemerintahan.

%d blogger menyukai ini: