Kunjungan TA PMD Kab Banyumas Nurcahyo ke Oemah Gedhe bahas pemberdayaan desa

Tenaga Ahli Pemberdayaan Masyarakat Desa (TA PMD) Kabupaten Banyumas berkunjung ke Oemah Gedhe untuk mendiskusikan strategi pemberdayaan desa, Rabu (22/2). Oemah Gedhe dikenal sebagai markas para inovator desa, mereka mengembangkan beragam sitem dan aplikasi teknologi informasi dan komunikasi untuk pemberdayaan desa.

Kunjungan Nurcahyo (48), TA PMD Kabupaten Banyumas, diterima oleh Direktur Gedhe, Yossy Suparyo di ruang kerjanya di Perumahan Diamond C43, Desa Kalibagor, Kalibagor, Banyumas. Diskusi berlangsung hangat, mulai dari kegiatan sehari-hari hingga beragam kegiatan dan inovasi pemberdayaan masyarakat.

Ada sejumah kegiatan yang sedang dilakukan Gedhe Foundation untuk pemberdayaan desa, seperti layanan pasar online (e-commerce) desa, pembuatan iklan layanan masyarakat (ILM), pendampingan pengelolaan informasi desa, serta pelibatan mahasiswa dan pelajar dalam program magang.

“Kita latih pemerintah desa untuk memasarkan produk warga melalui internet. Di lapangan, Gedhe melibatkan mahasiswa dan pelajar dalam merancang sistem dan aplikasinya,” jelas Yossy.

Nurcahyo berharap terjalin kerjasama yang erat antara pendampingan mandiri ala Gedhe dengan Program Pendampingan dan Pemberdayaan Desa yang diselenggarakan oleh Kementerian Desa PDTT.

“Tugas Tenaga Ahli untuk mengkawinkan beragam pendekatan dalam pendampingan desa. Kami ingin mengadopsi pendekatan¬†infomobilisasi lewat teknologi informasi yang dikembangkan Gedhe,” ujar Nurcahyo.

Nurcahyo mengakui kerja pemberdayaan yang diprogramkan pemerintah belum mampu mendorong isu perdesaan menjadi isu publik. Bila, pendekatan infomobilisasi dapat diterapkan dalam program maka kerja-kerja Pendamping Desa dapat semakin diketahui oleh masyarakat.

Dalam kunjungan itu, Nurcahyo mencoba sistem pertukaran informasi dan pengalaman antar pendamping desa di http://pendampingdesa.or.id. Portal tersebut memfasilitasi para Pendamping Desa untuk menunjukkan kinerja dan inovasinya dalam kerja pendampingan dan pemberdayaan desa di seluruh pelosok Indonesia.