pratugas-palembang

FOTO BARENG: Peserta Pratugas foto bersama pada acara pembukaan Pratugas Pendamping Desa di Palembang, Sumatera Selatan. (Foto: Sutardjo)

 

PALEMBANG- Sebanyak 286 peserta mengikuti pelatihan Pratugas Pendamping di Palembang, Sumatera Selatan. Peserta tersebut terdiri atas 256 Pendamping Desa Pemberdayaan dan 30 orang Pendamping Desa Teknik Infrastruktur.  Pelatih yang terlibat sebanyak 35 orang terdiri atas 30 orang pelatih yang berasal dari tenaga ahli kabupaten dan lima orang pelatih pengendali yang terdiri atas TAPM Propinsi dan TA Konsultan Nasional Pusat. Kegiatan Pelatihan bertempat di dua lokasi  yaitu Hotel Daira sebanyak 7 Kelas dan Hotel Azza 3 Kelas.

Acara pembukaan yang dilaksanakan 30 Oktober 2016 itu dihadiri oleh Sekretaris Direktorat Jenderal Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa, Muklis. Dalam sambutannya Muklis menyampaikan bahwa faktor keberhasilan pendampingan desa diantaranya dipengaruhi pengembangkan kerjasama antarelemen dan kehendak belajar untuk mengembangkan potensi diri secara bersama-sama.

Pada kesempatan tersebut Muklis juga menyampaikan TRIMATRA sebagai bentuk inisiasi intermediasi Direktorat Jenderal PPMD Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi dalam mengejawantahkan nawakerja yang berpedoman pada Trisakti dan Nawacita.

“Pelatihan akan memberikan arah pembangunan dan pemberdayaan di desa dalam mencapai visi desa yaitu kuat, maju mandiri dan demokratis,” jelasnya.

Kepala BPMPD Propinsi Sumatera Selatan yang diwakili Juharmansyah SH MSi dalam sambutannya mengatakan, tujuan pelatihan bagi Pendamping Desa diantaranya untuk pemenuhan kebutuhan peningkatan kapasitas sebelum bertugas, baik untuk pendamping hasil rekruitmen 2015 maupun 2016.

“Pelatihan tersebut juga bertujuan untuk membekali Pendamping Desa dalam mengawal cita-cita Undang-Undang Desa dan melaksanakan tugas-tugasnya,” katanya. (sutardjo)

%d blogger menyukai ini: