Produk olahan pangan produk perdesaan, rupaya semakin diminati masyarakat perkotaan, salah satunya produk makan olahan “sale pisang bu Er” tidak pernah sepi dari pesanan para pedagang olahan makanan, demikian tutur Erna salah seorang perajin sale pisang di pabrik olahan home Industri (8/04/2016).

20170408_132917

Sale Pisang Bu Er adalah salahsatu home industri olahan makanan yang cukup berkembang di desa Sidomulyo Kecamatan Negeri Katon Kabupaten Pesawaran Lampung. Pengrajin olahan makanan Sale Pisang di desa ini kurang lebih ada 10 pengrajin, selain pengrajin Sale Pisang, kegiatan usaha olahan makanan yang banyak berkembang di desa Sidomulyo adalah pengrajin Lanting yang merupakan olahan makanan tradisional berbahan singkong.

Menurut Sadirun tokoh masyarakat desa Sido Mulyo, usaha-usaha yang berkembang karena bahan baku usahanya sepenuhnya ada didesa tersebut. Hambatan usaha dari home industri di desa Sido Mulyo adalah faktor kendala cuaca untuk pengeringan bahan, peralatan tepat guna untuk efisiensi pengolahan bahan dan pengembangan pasar serta perlindungan iklim usaha.

Home Industri yang dijalankan Erna memperkerjakan 5 orang bagian pengolahan dan melibatkan kemitraan dengan 5 orang pedagang pengumpul pisang. Satu jenis kegiatan usaha yang dijalankan telah terbukti meningkatkan nilai tambah pendampatan dan kesejahteraan masyarakat setempat.

 

Menurut Erna (47 th), usaha yang sedang dikembangkan setidaknya setiap hari menerima 200 tandan pisang. Usahanya telah mampu memberikan tambahan pendapatan kurang lebih 1.5 juta perbulan. Untuk membangun keberlanjutan pemenuhan bahan baku dan pengembangan usaha home industri di desa Sido Mulyo, Pemerintah Desa dan Daerah diharapkan bisa membantu mengatasi kendala-kendala pengembangsn home industri yang sedang berkembang. Saat ini menurut Erna, belum ada dukungan pemerintah Desa dan Pemerintah Daerah untuk membantu home-home industri yang ada di Desa Sido Mulyo.20170408_161705