Pelatihan Pratugas PD di Semarang

Pelatihan Pratugas PD di Semarang

Semarang, Hotel Patra Jasa. Geliat pemberdayaan masyarakat di Jawa Tengah sampai dengan akhir tahun 2016 sudah mulai dirasakan. Banyak Desa di Jawa Tengah yang mendapatkan penghargaan, baik dari pemerintah maupun lembaga swasta. Demikian penegasan Ahmad Erani Yustika dalam pembukaan Pelatihan Pratugas Pendamping Desa Se Jawa Tengah, Selasa 15 Nopember 2016 di Hotel Patra Jasa Semarang.

“Jawa tengah menjadi kantung pemberdayaan masyarakat terbaik,” tandas Erani.

Geliat tersebut tidak leaps dari peran Pendamping Profesional : Pendamping Desa, Tenaga Ahli, KPW, KNPP dan lain-lain. Namun demikian yang diharapkan, Pendamping Desa dating dengan membawa pengetahuan untuk mendikte Desa, lanjut Erani.

Prof. Erani menambahkan, Pendamping Desa bersama masyarakat memandirikan Desa, sampai akhirnya Desa tidak lagi membutuhkan Pendamping Desa. Hal itu bisa menjadi ukuran keberhasilan kinerja Pendampingan Desa.

Dirjen Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat itu menutup sambutannya dengan mengutip penyataan Proklamator RI, Moh Hatta : Indonesia menyala bukan karena obor di Jakarta, tapi Indonesia menyala karena lilin-lilin di Desa. (Fat)

%d blogger menyukai ini: